Rabu, 08 April 2009

WELCOME CRISIS, LET US FEEL MORE ‘SENSATION’ OF YOU

Roger wiegand, analis klico.com memprediksi keadaan yang lebih buruk pada tahun 2009. dalam tulisannya, ‘our prediction 2009’ ia memprediksi:
1. akan terjadi gelombang kredit macet yang lebih besar dari kredit perumahan
2. terjangan gelombang besar pertama dari kredit macet otomotif
3. lebih dari us $ 40 M kartu kredit yang macet, memukul bank pemberi kredit
4. terjadi geloombang pertama kegagalan kredit dan penyitaan pertokoan, gedung perkantoran dan bangunan bisnis lainya.
5. pukulan akhir dari cds (credit devault swaps) yang hangus. Kabarnya total mencapai us$ 500 T.

Lebih jauh lagi dijelaskan bahwa pengangguran nasional di USA menembus angka 16%. Angka yang diakui pemerintah adalah setengahnya. Tahun 2009 angka pengangguran akan menyamai angka di tahun 1930an yaitu lebih dari 25 %. Bahkan pediksi riil angka pengangguran bisa berkisar 30-40 %. Laporan terakhir memperlihatkan bahwa jumlah orang yang harus diberi bantuan makanan mencapai 11juta orang dengan 700.000 anak kelaparan setiap hari. Kami menduga jumlah yang harus diberi bantuan makanan bisa mencapai 35juta orang. Yang menyedihakan pemerintah tampaknya tidak siap menghadapi bencana ini. Yang lebih buruk, kekacauan karena makanan dan kekerasan kepada kelompok kaya akan menjadi seseuatu yang biasa

Dengan melihat perkembangan kondisi sekarang ini, sepertinya tidak layak dan tidak juga rasional untuk menyebut bahwa kapitalisme adalah akhir sejarah sebagaimana francise fukuyama katakana. Hal ini senanda dengan apa yang dinyatakan sakozy kepada aljazera, ‘sesungguhnya kondisi keguncangan yang dipicu oleh pasar financial amerika telah meletakan akhir bagi ekonomi bebas’. Ia melanjutkan ‘sesungguhnya ide kekuatan pasar secara mutlak dan tidak boleh adanya pembatasan dengan peraturan dan intervensi politis merupakan ide gila. Ide bahwa pasar selalu berada di atas kebenaran juga merupakan ide gila.

Maka, marilah kita sambut kehancuran kapitalisme, dan rasakanlah ‚’sensasi’ akhir hayat kapitalisme. Habis gelap terbitlah terang, kapitalime mati, islam bangkit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar